Memutus Rantai Penyebaran COVID-19

Dipublikasi pada Kamis, 09 April 2020 oleh admin

Tamu menulis "

Penyandang Disabilitas Fisik BBRSPDF "Prof. Dr. Soeharso" Surakarta, Bantu Pemerintah Memutus Rantai Penyebaran COVID-19

 

SURAKARTA, 05 April 2020 – Semakin merebaknya penularan Virus Corona (COVID-19) membuat masyarakat melakukan panic buying masker bedah dan hand sanitizer. Hal ini membuat masker bedah dan hand sanitizer menjadi barang mahal dan langka di pasaran. Kalaupun ada harganya sudah beberapa kali lipat dari harga aslinya.


Penerima Manfaat (PM) Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) "Prof. Dr. Soeharso" Surakarta, menjelang pemulangan sementara ke daerah asal, sambil menunggu pemulangan secara bertahap kepada keluarga mereka berinisiatif untuk membuat sendiri masker sederhana dari bahan kain yang dapat dicuci sehingga dapat dipakai berulang kali.


Bertempat di ruang terapi vokasional keterampilan penjahitan BBRSPDF "Prof. Dr. Soeharso" Surakarta, puluhan PM yang memiliki keahlian menjahit secara bersama-sama membuat masker sederhana. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Kepala BBRSPDF "Prof. Dr. Soeharso" Surakarta, Heri Kris Sritanto.



“Inisiatif ini adalah bentuk kepedulian PM penyandang disabilitas fisik terhadap merebaknya COVID-19. "Kami sangat mendukung kegiatan ini, dan kami akan dampingi mereka dan beberapa pegawai piket akan dikerahkan untuk membantu proses produksinya,” ujar Heri.


Proses pembuatan masker dipandu oleh Instruktur Penjahitan dengan memperhatikan prosedur dan standar keamanan kesehatan. Sebelum masker dikemas, dilakukan proses sterilisasi dengan alat sterilisasi yang biasa digunakan untuk mensterilkan peralatan medis di Instalasi Perawatan Revalidasi - BBRSPDF "Prof. Dr. Soeharso" Surakarta.


Untuk proses pengemasan dibantu oleh pegawai dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), agar kebersihan masker dapat terjaga dengan baik.


Sampai dengan berita ini diturunkan sudah tersedia 820 buah masker yang siap dibagikan secara gratis kepada masyarakat sekitar lokasi Balai. Mekanisme pembagiannya akan diserahkan kepada Kepala Kelurahan Jebres beserta jajarannya.

 

 

 

Humas BBRSPDF "Prof. Dr. Soeharso" Surakarta

"

Posted in Berita

 
Topics Terkait

Berita