TERAPI PSIKOSOSIAL PM BBRSPDF
Tanggal: Sabtu, 29 Pebruari 2020
Topik: Berita


TERAPI PSIKOSOSIAL BAGI PENERIMA MANFAAT BBRSPDF “PROF. DR. SOEHARSO” SURAKARTA MELALUI KEGIATAN PSIKOTERAPI

 

 

Kegiatan Psikoterapi bagi Penerima Manfaat BBRSPDF “Prof. DR. Soeharso” Surakarta, berlangsung 27 - 28 Februari 2020, diikuti penerima manfaat sebanyak 30 orang ini dilakukan untuk memberikan Terapi Psikososial bagi penerima manfaat dalam kaitannya Progres 5.0 New Platform/New Passion, dalam intervensi rehabilitasi sosial lanjut salah satunya adalah pemberian Terapi yaitu Fisik, Mental Spiritual dan Psikososial.


Kegiatan pada hari I, Kamis, 27 Februari 2020, diisi dengan materi “Jendela Johari” yang mana materi ini menekankan pada konsep diri positif dengan cara melakukan komunikasi efektif. Penerima Manfaat juga melakukan pembuatan dan pengucapan yel - yel untuk membangkitkan semangat dan kerjasama dalam kelompok, diisi juga dengan kegiatan sharing kelompok yang dibagi dalam 5 kelompok dengan setiap kelompok terdiri sebanyak 6 (enam) orang yang diikuti dengan antusias oleh para penerima manfaat.



 

Tujuan dari kegiatan Psikoterapi ini adalah membentuk konsep diri positif, mengenali potensi dan kelemahan diri serta menumbuhkan motivasi diri.


Memasuki hari ke dua, Jumat, 28 Februari 2020, mengusung materi Pemecahan Masalah (Problem Solving) dan Relaksasi, disampaikan oleh Psikolog Ratna Putri dan Retno Prihantini selaku Pembina Mental.


“Secara psikis yang baik setiap individu itu mempunyai pemecahan masalah dalam mengatasi masalah yang dihadapi” demikian disampaikan Retno Prihantini terkait materi Pemecahan Masalah. Dalam menyikapi permasalahan yang ada setiap individu juga dituntut harus memaksimalkan kemampuan yang ada, bukan fokus pada kekurangan.


Materi selanjutnya disampaikan Ratna Putri, dimanifestasikan dalam ”Pohon Harapan“, penerima manfaat diberikan 2 lembar kertas berwarna, dimana kertas 1 berisi harapan dan kertas 2 berisi rintangan/penghalang. Penerima manfaat menuliskan harapan yang nantinya akan ditempelkan pada dahan pohon harapan yang tinggi dan hal-hal negatif yang harus ditinggalkan ditempelkan pada akar (area terendah dari pohon harapan). Selanjutnya penerima manfaat mengucapkan secara lantang dihadapan teman yang lain, apa yang diinginkan dan rasakan, selain itu sebagai bentuk problem solving juga bentuk relaksasi secara psikis.


Harapannya dengan kegiatan ini penerima manfaat secara psikis mendapatkan arahan, dampingan dan terapi psikososial khususnya psikoterapi yang tepat dalam mewujudkan rehabilitasi sosial yang komprehensif.

 


Penulis :
Helmayuni (Penyuluh Sosial Pertama)







Artikel dari BBRSPDF Prof. Dr. Soeharso Surakarta
http://soeharso.kemsos.go.id

URL:
http://soeharso.kemsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=558